Andai Saya Menjadi Anggota DPD RI


Andai suatu ketika saya terpilih untuk menjadi Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, maka setelah dilantik hal yang pertama saya lakukan adalah membuat konsep. Konsep itu bukan rancangan apa saja yang akan membuat saya untung menjalankan profesi baru ini, melainkan rancangan apa yang harus saya lakukan agar daerah yang telah mempercayai saya ini bisa merasa beruntung, bangga, dan tidak kecewa telah memilih saya.

Saya mempunyai pengertian bahwa hal yang menakjubkan bermula dari kemauan untuk membuatnya menakjubkan. Itu berarti apabila daerah yang saya wakili ingin menjadi daerah yang maju atau lebih baik maka diawali dari kemauan para rakyat yang ada di dalamnya untuk membuat daerahnya maju. Sosialisasi-sosialisasi untuk membantu kesadaran masyarakat sangatlah perlu, untuk itu akan saya jadwalkan secara rutin agar sosialisasi itu dilaksanakan minimal seminggu sekali. Sosialisasi-sosialisasi itu meliputi sosialisasi tentang manfaat kebersihan, bahaya narkoba, kurang baiknya menikah di usia muda, pentingnya Program Keluarga Berencana, indahnya kebersamaan, dan mulianya toleransi antar umat beragama. Setelah sosialisasi selesai saya sarankan agar masyarakat mencoba merealisasikannya dalam seminggu kedepan, diakhir minggu akan diadakan evaluasi bersama tentang apa saja yang sudah berhasil dan apa saja yang masih tersendat.

Saya yakin apabila dalam pemikiran setiap masyarakat sudah terbentuk cara berpikir yang baik dan benar maka tidak perlu kita repot-repot lagi teriak sana sini, menghukum ini itu, memberi peringatan segala macam. Dengan dari masing-masing mereka mempunyai kemauan untuk memajukan daerahnya maka tidak perlu waktu lama untuk melihat daerah tersebut maju. Jadi intinya adalah membentuk terlebih dahulu cara berpikir masyarakatnya baru kemudian mengarahkan dan bersama-sama ikut campur dalam usaha memajukan daerah yang kita wakili. Keakraban dan kepedulian antara pejabat daerah dan rakyatnya tidak kalah pentingnya dalam pembentukan cara berpikir tersebut, karena dengan akrab maka wakil rakyat akan menjadi sahabat bagi rakyatnya. Tanpa ada rasa canggung mereka akan mudah membaur tanpa mengurangi rasa hormat.

About bayyudwisusanto


6 responses to “Andai Saya Menjadi Anggota DPD RI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: