Dan Tersenyumlah..!! :”)


Senyum itu kalau menunurut Kamus Bahasa Indonesia diartikan sebagai gerak tawa ekspresif yg tidak bersuara untuk menunjukkan rasa senang, gembira, suka, dan lain sebagainya. Dan ya memang benar, seperti itulah senyum. Cukup dengan melengkungkan senyum ke atas, kita bisa membuat orang di sekitar kita atau orang yang sedang berinteraksi dengan kita merasa di hargai, merasa kita tu nggak ada beban masalah, pokonya damai deh adanya. Senyum itu lebih sederhana dari tertawa, tapi buatku senyum itu malah bisa diartikan lebih dalam dari pada tertawa itu tadi. Dengan senyum orang bisa terlihat manisnya, dengan senyum orang bisa terlihat ramahnya, dengan senyum juga orang bisa memberikan arti bahwa orang itu menyetujui sesuatu.

Suatu ketika ditempat kerja, banyak sekali hal yang harus kukerjakan, waktu sudah mepet, dan masih banyak yang harus kulakukan. Tapi, tetap aja masih ada yang minta ini lah, ini belum beres lah, kok itu kurang bagus lah, otak rasanya sudah bingung mau ke arah mana dulu. Tapi kalau pas papasan sama orang atau bicara sama orang tetep aja ada senyumnya.. entah karena memang sudah kebiasaanku atau mungkin karena aku orang Jawa? hemm.. nggak tau deh, kenapa begitu. Kalau ketemu orang tetep aja senyam-senyum, cengar-cengir, padahal dalam otak ini sudah ruwet pikirannya, bingung mau ngerjain yang mana dulu. Tapi menurutku dengan senyumku itu, membuat orang lain atau orang yang berada di sekitarku bisa merasa nyaman, karena pasti menurut mereka everything is okey, semua terkendali, dan semua beres. Nah.. kalau sudah begitu, nggak usah banyak omong lagi, setelah berinteraksi dengan orang lain dan tetap dengan senyuman cepat-cepat lanjutkan pekerjaan yang belum beres itu tadi. Begitu dan begitu terus yang kulakukan ketika aku harus menghadapi kerumitan masalah pekerjaan sekaligus menghadapi kemauan banyak orang, tidak usah banyak bicara deh.. yang penting ada senyum aja dulu, kalau semua sudah selesai, semua beres, pekerjaan rampung atau acara sukses, manis hasilnya kan ke kita juga. Ya paling tidak kita bisa dibilang si pendiam yang murah senyum🙂

Yang aneh, ada kalanya orang bilang, “Ya inilah gue, mana mau gue nutup-nutup’in apa yang gue rasa, kalo gue marah ya marah aja, kalau emang ribet ya ribet aja, ngapain ditutupin pake senyam-senyum segala?” Hadewh.. yang begini ini nih.. yang bahaya, “Apa selamanya lo akan bener? Apa selamanya lo nggak akan melakukan kesalahan? Kalo gitu cara lo ya siap-siap aja lo didamprat kalo suatu saat lo bikin kesalahan!!” Tapi kalau kita suka tersenyum atau murah senyum, kalau dikasih tugas jawab “iyaaa..” sambil senyum, dimintain tolong ini responnya, “okey…” sambil senyum, dikasih kepercayaan ini, dengan ramah jawab “Yes Sir…” tetap dengan senyum juga. Kalau begitu kan seolah-olah kita siap melakukan semuanya, dan merampungkannya dengan hasil yang diinginkan, kalau pun ada kesalahan kan orang pasti akan segan mau marah-marah, kecuali itu orang memang tempramentalnya di atas rata-rata, yang panas darahya selalu di atas 85 derajat celcius🙂. Catet tuh boss..!! salah satu manfaat senyum, bisa bikin orang segen sama kita.

Dan kalau pagi-pagi itu jangan dibiasakan buka mata langung marah, sensi, atau cemberut nggak ada juntrungannya. Ya kalau pagi-pagi sudah diawali dengan hal yang kaya gitu, mana mungkin seharian akan menemukan kesenangan? Yang ada malah marah-marah nggak jelas, ibu’nya ngak salah apa-apa ikut-ikutan di sewot’in. Kalau pun malemnya habis sms’an debat sampe bikin jengkel dan belum sempet bales sms terakhir tapi sudah ketiduran, ya jangan buka mata t’rus bales sms sambil marah-marah lanjutin debatan malamnya. Biasakan sms bilang dulu “Selamat pagi..!” sambil dikasih avatar senyum dibelakangnya, barulah setelah dua atau tiga kali sms’an lanjutin lagi perdebatan yang semalam. “Nah.. begitu kan lebih bagus..!! iya tho?” Buat senyum itu menjadi sebuah kebiasaan yang memang sangat kita gemari, sehingga orang banyak akan merasakan keramahan kita, akan merasakan bagaimana bersahabatnya kita, dan orang banyak bisa menilai siapa kita cukup melalui senyuman itu, bukan melalui arogansi yang malah akan membuat orang tidak respect sama sekali. Ada kalimat tentang senyum yang buatku itu cukup amaze, “Ketika kamu lahir, kamu akan menangis tetapi orang-orang akan tersenyum bahagia karena kelahiramu. Dan ketika kamu mati, kamu akan tersenyum tetapi orang-orang akan menangisi kepergianmu.” Dan hal itu bisa terjadi pada kita, tergantung apa yang kita isikan diantara space kelahiran dan kematian. So.., make your nice day.. dan tersenyumlah..!!🙂

GODBLESS..

About bayyudwisusanto


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: